Primer Pada MACD

Belajar untuk berdagang dalam arah momentum jangka pendek bisa menjadi tugas yang sulit pada saat terbaik, namun secara eksponensial lebih sulit ketika seseorang tidak mengetahui alat yang tepat yang dapat membantu. Artikel ini akan berfokus pada indikator yang paling populer yang digunakan dalam analisis teknis, yaitu moving average convergence divergence (MACD). Gerald Appel mengembangkan indikator ini di tahun 1960an, dan walaupun namanya terdengar sangat rumit, sangat mudah digunakan. Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat mulai mencari cara untuk menggabungkan alat canggih ini ke dalam strategi trading Anda.


Latar belakang pengetahuan
Popularitas MACD sebagian besar disebabkan oleh kemampuannya untuk membantu dengan cepat menemukan momentum jangka pendek yang meningkat. Namun, sebelum kita terjun ke inner work MACD, penting untuk benar-benar memahami hubungan antara moving average jangka pendek dan jangka panjang.

Seperti yang dapat Anda lihat dari grafik di bawah ini, banyak pedagang akan melihat rata-rata bergerak jangka pendek (garis biru) untuk menyeberang di atas rata-rata bergerak jangka panjang (garis merah) dan menggunakan ini untuk memberi sinyal momentum kenaikan yang meningkat. Crossover bullish ini menunjukkan bahwa harga baru-baru ini naik pada tingkat yang lebih cepat daripada sebelumnya, jadi ini adalah tanda pembelian teknis yang umum. Sebaliknya, perputaran rata-rata bergerak jangka pendek di bawah rata-rata jangka panjang digunakan untuk menggambarkan bahwa harga aset telah bergerak ke bawah pada tingkat yang lebih cepat, dan ini mungkin saat yang tepat untuk menjual.

Indikator
Perhatikan bagaimana rata-rata bergerak menyimpang satu sama lain pada Gambar 1 karena kekuatan momentum meningkat. MACD dirancang untuk mendapatkan keuntungan dari perbedaan ini dengan menganalisis perbedaan antara dua rata-rata bergerak eksponensial. Secara khusus, nilai untuk moving average jangka panjang dikurangkan dari rata-rata jangka pendek, dan hasilnya diplotkan ke dalam grafik. Periode yang digunakan untuk menghitung MACD dapat dengan mudah disesuaikan agar sesuai dengan strategi apapun, namun trader biasanya akan bergantung pada pengaturan default 12 dan 26 hari.

Nilai MACD positif, yang tercipta saat rata-rata jangka pendek berada di atas rata-rata jangka panjang, digunakan untuk memberi sinyal kenaikan momentum ke atas. Nilai ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa para pedagang mungkin ingin menahan diri untuk tidak mengambil posisi pendek sampai sebuah sinyal menunjukkan bahwa hal itu sesuai. Di sisi lain, penurunan nilai MACD negatif menunjukkan bahwa tren turun semakin kuat, dan ini mungkin bukan waktu terbaik untuk membeli.

Sinyal Transaksi
Ini telah menjadi standar untuk merencanakan moving average yang terpisah di samping MACD, yang digunakan untuk menciptakan sinyal perubahan momentum yang jelas. Garis sinyal, juga dikenal sebagai garis pemicu, dibuat dengan mengambil moving average sembilan periode MACD. Ini ditemukan diplot di samping indikator pada grafik. Seperti yang dapat Anda lihat pada Gambar 2, sinyal transaksi dihasilkan saat garis MACD (garis padat) melintasi garis sinyal (garis eksponensial bergerak sembilan periode eksponensial (EMA) - garis putus-putus).

Sinyal bullish dasar (buy sign) terjadi ketika garis MACD (garis padat) melintasi garis sinyal (garis putus-putus), dan sinyal bearish dasar (tanda jual) dihasilkan saat MACD melintasi di bawah garis sinyal. Pedagang yang mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari penurunan bullish MACD yang terjadi ketika indikator di bawah nol harus sadar bahwa mereka mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan arah momentum, sementara rata-rata bergerak masih menunjukkan bahwa keamanan dapat mengalami penjualan jangka pendek. -mati. Crossover bullish ini dapat dengan benar memprediksi pembalikan dalam tren seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2, namun sering dianggap lebih berisiko daripada jika MACD berada di atas nol.

Sinyal umum lainnya yang banyak diperhatikan oleh pedagang saat indikator bergerak ke arah berlawanan dari aset, yang dikenal sebagai divergensi. Konsep ini mengambil studi lebih lanjut dan sering digunakan oleh trader berpengalaman.

Centerline
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, indikator MACD dihitung dengan mengambil perbedaan antara rata-rata pergerakan jangka pendek (EMA 12 hari) dan rata-rata pergerakan jangka panjang (EMA 26 hari). Dengan konstruksi ini, nilai indikator MACD harus sama dengan nol setiap kali kedua rata-rata bergerak saling silang. Seperti yang dapat Anda lihat pada Gambar 3, sebuah salib melalui garis nol adalah metode yang sangat sederhana yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi arah tren dan titik-titik kunci saat momentum sedang dibangun.

Keuntungan
Dalam contoh sebelumnya, berbagai sinyal yang dihasilkan oleh indikator ini mudah ditafsirkan dan dapat digabungkan dengan cepat ke dalam strategi perdagangan jangka pendek. Pada tingkat yang paling dasar, indikator MACD adalah alat yang sangat berguna yang dapat membantu pedagang memastikan bahwa arahan jangka pendek bekerja untuk kepentingan mereka.

Kelemahan
Kerugian terbesar dari penggunaan indikator ini untuk menghasilkan sinyal transaksi adalah bahwa trader bisa mendapatkan whipsaw dalam dan keluar dari posisi beberapa kali sebelum dapat menangkap momentum perubahan yang kuat. Seperti yang dapat Anda lihat di grafik, aspek lagging dari indikator ini dapat menghasilkan beberapa sinyal transaksi selama pergerakan yang berkepanjangan, dan hal ini dapat menyebabkan pedagang menyadari beberapa keuntungan yang tidak mengesankan atau bahkan kerugian kecil selama reli tersebut.

Pedagang harus sadar bahwa efek whipsaw bisa sangat parah baik di pasar tren dan range-bound, karena pergerakan yang relatif kecil dapat menyebabkan indikator untuk mengubah arah dengan cepat. Sejumlah besar sinyal palsu bisa mengakibatkan pedagang mengambil banyak kerugian. Ketika komisi diperhitungkan dalam persamaan, strategi ini bisa menjadi sangat mahal.

Kelemahan MACD lainnya adalah ketidakmampuannya untuk melakukan perbandingan antara sekuritas yang berbeda. Karena MACD adalah nilai dolar antara dua moving averages, pembacaan untuk saham dengan harga berbeda memberikan sedikit wawasan saat membandingkan sejumlah aset satu sama lain. Dalam upaya untuk memperbaiki masalah ini, banyak analis teknis akan menggunakan persentase harga osilator, yang dihitung dengan cara yang sama seperti MACD, namun menganalisis perbedaan persentase antara rata-rata bergerak daripada jumlah dolar.

Kesimpulan
Indikator MACD adalah alat yang paling populer dalam analisis teknis, karena memberi para pedagang kemampuan untuk dengan cepat dan mudah mengidentifikasi arah tren jangka pendek. Sinyal transaksi yang jelas membantu meminimalkan subjektivitas yang terlibat dalam perdagangan, dan persilangan di atas garis sinyal memudahkan pedagang untuk memastikan bahwa mereka melakukan perdagangan ke arah momentum. Sangat sedikit indikator dalam analisis teknis yang terbukti lebih dapat diandalkan daripada MACD, dan indikator yang relatif sederhana ini dapat digabungkan dengan cepat menjadi strategi perdagangan jangka pendek.

2 komentar:

  1. Saran saya, indikator apapun itu, sebaiknya diuji dulu dengan menggunakan akun demo trading terlebih dahulu. Tujuannya supaya nantinya kita dapat lebih memastikan terlebih dahulu kalau indikator yang akan kita gunakan pada saat trading dengan akun real itu memang sudah baik. Saya pun seperti itu ketika menjalankan kegiatan trading saya di Gainscopefx.com, sehingga setiap indikator yang saya gunakan untuk trading dengan akun real sudah dipastikan memang baik karena sudah saya uji dengan akun demo.

    BalasHapus
  2. 𝗩𝗣𝗦

    Perusahaan Fort Financial Services menyediakan penggunaan virtual private server (VPS, Virtual Private Server) pada pelanggannya yang menggunakan sistem perdagangan mekanis (Advisors) untuk berdagang.

    Layanan ini memungkinkan robot perdagangan bekerja lebih efisien karena koneksi internet broadband berkualitas tinggi, dan memungkinkan pedagang membuat penyesuaian tepat waktu pada kerja advisornya sesuai dengan kondisi pasar yang volatil.

    Layanan ini memberi pelanggan kami sejumlah keuntungan:

    Pengoperasian advisor yang tidak terganggu
    Pengoperasian advisor yang stabil
    Perdagangan 24 Jam dengan advisor
    Akses cepat ke akun perdagangan
    Kesempatan berdagang simultan dengan dua terminal
    Aktifkan VPS Anda sekarang dengan memilih tab Personal Account di server khusus virtual. Harap diperhatikan bahwa kami menyediakan VPS gratis

    BalasHapus